Cara Memasang/Membuat Halaman Sitemap di Blog

1 komentar
Cara Memasang/Membuat Halaman Sitemap di Blog - Setelah melakukan submit sitemap ke webmaster tools google pada posting artikel sebelumnya, kini kita masuk ke tahap memasang sitemap/membuat halaman sitemap di blog agar mudah ditelusuri oleh pembaca artikel/pengunjung blog. Membuat sitemap di blog adalah termasuk pelayanan anda terhadap visitor dan juga termasuk salahsatu bentuk navigasi blog.

Untuk melengkapi proses submit sitemap, silahkan ikuti langkah berikut:
Masuk ke menu Setelan > Preferensi penelusuran > klik Edit pada robot.txt khusus > klik Ya, lalu simpan url berikut di kotak robot.txt khusus. Ganti yang warna merah dengan url blog anda.

Sitemap: http://aafkolpodere.blogspot.com/sitemap.xml
Lihat contoh di bawah, lalu Simpan perubahan. Selesai

Berbeda dengan submit sitemap yang berarti memberikan kemudahan bagi boot/crawler untuk menelusuri dan mempercepat proses peng-indeksan pada setiap isi alamat url posting blog. Maka kali ini membuat halaman sitemap gunanya untuk melayani pengunjung. Mau dipasang silahkan!, tetapi jika menurut anda ini hal kurang penting, tidak dipasang pun gak apa-apa. Terserah pada niat dan keinginan masing-masing.
Masukan url sitemap blog anda seperti ini > http://aafkolpodere.blogspot.com/sitemap.xml di adress bar browser anda > klik enter.

Lalu akan muncul popup dialog, silahkan langsung buka dengan aplikasi wordpad > klik OK.


Copy hasil download sitemap.


Kemudian lihat menu kiri > pilih Laman > klik Laman baru > pilih Laman kosong
Beri judul = Sitemap/Daftar Isi atau Peta Situs > lalu klik tombol HTML di bagian kiri atas kolom posting, dan paste-kan file Sitemap hasil download tadi, kemudian di-edit agar kelihatan rapi.

Setelah selesai mengedit, klik Compose

Silahkan Publikasikan. Selesai

Sekian dan semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda.

Related Posts

1 komentar

Company Profile mengatakan…
Makasih gan buat caranya. Nice